Implementasi Direct Torque Control Dalam Pengaturan Kecepatan Motor Induksi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai implementasi Direct Torque Control (DTC) yang diterapkan dalam pengaturan kecepatan motor induksi yang ditinjau terhadap pengaruh perubahan parameter tahanan stator dan pembebanan pada motor. Skema Model Reference Adaptive System (MRAS) dengan pendekatan back-EMF ditambahkan untuk mengestimasi kecepatan motor. Hasil simulasi menunjukkan bahwa skema DTC ini tidak sensitif terhadap perubahan parameter motor. Perubahan parameter tahanan stator ini relatif tidak berpengaruh terhadap kecepatan motor induksi, sedangkan perubahan beban akan mempengaruhi kecepatan motor. Dengan adanya penambahan beban, maka penurunan kecepatan dapat mencapai 7,5%. Pada keadaan tanpa beban diperoleh settling time = 0,03 detik dan error = 0,2%. Dengan bertambahnya beban menyebabkan bertambahnya ripple dan error yang terjadi dapat mencapai 3%.
Downloads
Article Details
Penulis yang menerbitkan Artikel di Jurnal ELTEK persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan pemegang lisensi dari Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas karya dan publikasi awal jurnal ini.
- Penulis dapat membuat kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori kelembagaan atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dari jurnal ini.
- Penulis proklamasi untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web penulis) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.